Implementasi Ujian Online untuk Menyeleksi Calon Sumber Daya Manusia (SDM) Furnitur dan Interior Guna Mendukung Ketersediaan SDM Pembangunan IKN

  • Fesa Putra Kristianto Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu
Keywords: Computer Assisted Test (CAT), Ibu Kota Negara (IKN), SDM Furnitur dan Interior

Abstract

Penetapan Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru membutuhkan banyak SDM salah satunya adalah sektor sektor furnitur dan interior. Kebutuhan SDM furnitur dan interior mencapai 143.119 orang pertahun atau 4,51% dari total kebutuhan SDM. Oleh karena itu untuk mencukupi kebutuhan SDM di Sektor furnitur dan interior, Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu mencari calon-calon SDM Furnitur yang berkualitas. Salah satu caranya adalah melakukan seleksi calon mahasiswa baru secara nasional melalui ujian online. Tujuan perancangan ujian online adalah agar proses seleksi dapat dilakukan secara nasional dan tetap menjaga integritas proses seleksi. Ujian online ini menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang merupakan metode ujian dengan menggunakan sistem komputer terpadu. Sistem CAT ini dikembangkan menggunakan framework codeignaiter dan metode water fall sehinngga lebih cepat dan mudah dalam penyelesaiannya. Penelitian ini meghasilkan Website CAT dengan variasi model soal yang sangat luas serta sudah memenuhi kebutuhan system dengan sangat baik. Dari penelitian ini diharapkan Politeknik industri dan Pengolahan Kayu mendapat calon SDM furnitur dan interior dengan kualitas bagus yang nantinya akan disalurkan untuk membantu kebutuhan SDM dalam pembangunan IKN.

Published
2023-04-30
How to Cite
[1]
F. Putra Kristianto, “Implementasi Ujian Online untuk Menyeleksi Calon Sumber Daya Manusia (SDM) Furnitur dan Interior Guna Mendukung Ketersediaan SDM Pembangunan IKN”, Restikom, vol. 5, no. 1, pp. 1-13, Apr. 2023.
Section
Article