RANCANGAN DESAIN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI INGKUNG GUWOSARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN DAN USABILITY TESTING (STUDI KASUS : DESA GUWOSARI)

  • Reza Febriansyah Universitas Alma Ata Yogyakarta
  • Deden Hardan Gutama
Keywords: Desain User Interface, Desain User Experience, Usability Testing, Ingkung Guwosari

Abstract

Desa Guwosari merupakan sebuah desa yang memiliki potensi utama khususnya dalam sektor kuliner dengan produk unggulan ingkung. Pandemi Covid-19 membuat pendapatan para pelaku UMKM warung ingkung setempat mengalami penuruan yang berdampak pada penurunan perekonomian desa. Belanja Guwosari merupakan sebuah website jual beli online produk khas dari Desa Guwosari yang dirancang dengan tujuan memaksimalkan penjualan dari UMKM Ingkung Desa Guwosari dalam membangun kembali perekonomian desa akibat dampak pandemi Covid19 yang menggunakan metode perancangan User Centered Design (UCD) dan metode pengujian System Usability Scale (SUS). Hasil memperoleh skor akhir 69 dengan total 20 responden. Berdasarkan dari interprestasi skala penilaian SUS maka kesimpulannya adalah desain ini masuk kedalam tingkat penilaian yang sudah cukup diatas rata-rata. Secara adjective responden telah menilai bahwa hasil desain sudah cukup baik dan berada di batas aman kelayakan kegunaan walaupun secara penilaian NPS pengguna cenderung lebih pasif.

Published
2022-06-24
How to Cite
[1]
Reza Febriansyah and Deden Hardan Gutama, “RANCANGAN DESAIN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA APLIKASI INGKUNG GUWOSARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN DAN USABILITY TESTING (STUDI KASUS : DESA GUWOSARI)”, Restikom, vol. 3, no. 1, pp. 37-41, Jun. 2022.
Section
Article