IMPLEMENTASI ALGORITMA FUZZY C-MEANS UNTUK MEMPREDIKSI FAKTOR SISWA MEMBOLOS (STUDI KASUS : FAKTOR SISWA MEMBOLOS DI SMPN 1 PARAKANSALAK)

  • Dian Permata Sari
  • Falentino Sembiring
  • Dwi Putri Sulisdianto
  • Yanti Jentiner
  • Erip Suratno
Keywords: Perilaku membolos, Clustering, Fuzzy c-means

Abstract

Perilaku membolos tidak hanya mempengaruhi pembelajaran siswa prestasi, tetapi juga diklasifikasikan sebagai salah satu bentuk kenakalan remaja. Harga diri remaja merupakan perilaku menyimpang karena terdapat penyimpangan perilaku dari berbagai aturan sosial atau dari nilai dan norma sosial yang berlaku dan menjadi sumber masalah yang dapat membahayakan tegaknya sistem sosial. membolos kegiatan serta hal-hal yang dapat menjadi latar belakang timbulnya masalah lain. Terbukti, mahasiswa yang membolos sering terlibat dengan hal-hal yang cenderung merugikan diri sendiri dan orang lain seperti merokok, tawuran, dan pergaulan bebas. Kesalahan perilaku membolos sebagian besar ditanggung oleh siswa yang terlibat bolos sekolah. Ketika kasus demi kasus dapat terungkap siswa-lah yang menjadi beban kesalahan. Sikap yang tidak mendukung potensi mereka hanya akan menambah masalah mereka. Oleh karena itu, penelitian ini membutuhkan indikator dan parameter dalam mencari solusi dari masalah yang mempengaruhi siswa. Untuk pengolahan datanya, penelitian ini menggunakan metode Fuzzy C-Means. Metode ini dipilih karena penempatan cluster center lebih tepat dibandingkan dengan metode cluster lainnya.Cluster 1 adalah 70 siswa (56,4%), Cluster 2 adalah 25 dan Cluster 3 sebanyak 29 siswa (23,4%).

Published
2022-06-18
How to Cite
[1]
Dian Permata Sari, F. Sembiring, Dwi Putri Sulisdianto, Yanti Jentiner, and Erip Suratno, “IMPLEMENTASI ALGORITMA FUZZY C-MEANS UNTUK MEMPREDIKSI FAKTOR SISWA MEMBOLOS (STUDI KASUS : FAKTOR SISWA MEMBOLOS DI SMPN 1 PARAKANSALAK)”, Restikom, vol. 2, no. 1, pp. 1-7, Jun. 2022.
Section
Article