Prototipe chatbot pada aplikasi e-commerce berbasis web (studi kasus: toko seni gypsum)

  • Muhammad Abdul Gofur Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Mutaqin Akbar Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Keywords: Chatbot, Dialogflow, Toko Seni Gypsum, Kecerdasan Buatan

Abstract

Pelayanan cepat dan efisien sangat penting dalam era digitalisasi yang semakin berkembang, terutama dalam e-commerce. Toko Seni Gypsum menjual alat dan bahan untuk membuat plafon seperti hollow, gypsum, dan cat. Mereka menghadapi kesulitan untuk memenuhi permintaan yang besar serta menanggapi pertanyaan umum yang sering diajukan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat prototipe chatbot menggunakan platform Dialogflow untuk Toko Seni Gypsum. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat prototipe chatbot menggunakan platform Dialogflow untuk Toko Seni Gypsum. Chatbot ini berfungsi untuk memberikan informasi tentang produk, menjawab pertanyaan umum konsumen, dan membantu dalam proses pemesanan tanpa memerlukan intervensi langsung dari karyawan. Fitur ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelayanan, mengurangi beban kerja karyawan, dan memperluas jangkauan pemasaran secara online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa chatbot Dialogflow berhasil mempermudah interaksi dengan pelanggan, memberikan informasi produk secara cepat dan akurat, dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Published
2024-08-08
How to Cite
[1]
Muhammad Abdul Gofur and M. Akbar, “Prototipe chatbot pada aplikasi e-commerce berbasis web (studi kasus: toko seni gypsum)”, Restikom, vol. 6, no. 2, pp. 240 - 250, Aug. 2024.
Section
Article