Analisis Model Pelayanan Aplikasi Agoda Pada Metaverse Menggunakan COBIT 5

  • Agung Setiaji Universitas Bina Darma
  • Tata Sutabri Universitas Bina Darma

Abstract

Pembaruan yang ada dalam ilmu komputer memiliki peran yang sangat penting terutama dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Yang merubah dan menambah interaksi manusia, komunikasi dan interaksi sosial. Pembaruan teknologi yang sedang berlangsung berkaitan dengan imersif teknologi seperti Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Pembaruan teknologi  yang berlangsung dengan terbentuknya Metaverse. Metaverse merupakan sebuah istilah pembaruan teknologi yang diciptakan agar manusia dapat berinteraksi satu sama lain tanpa harus berada di ruang yang sama. Metaverse bisa disebut sebagai ruang virtual. Dengan semakin berkembang teknologi maka memberikan dampak yang positif, terutama di bidang Pelayanan. Fokus dari pembahasan penelitian ini layanan aplikasi agoda pada teknologi metaverse yang dapat digunakan untuk pelayanan pemesan tiket pesawat ataupun reservasi hotel. Penelitian ini akan menggunakan pengumpulan data melalui kuesioner dengan 24 responden yang didapat. Untuk menganalisis apakah layanan Agoda sudah baik dalam melakukan pengelolaan layanan di Masyarakat. Penelitian ini menggunakan framework COBIT 5 domain DSS (Deliver, Service and Support) yang menghasilkan nilai tingkat kematangan 3,78 dan memperoleh tingkat kematangan level 4 yaitu Managed And Measurable dan tingkat kesenjangan(GAB) DSS01 yang dihasilkan sehingga perlu dilakukan perbaikan agar tingkat kematangan mencapai tingkat yang diharapkan dan sistem aplikasi lebih baik lagi kedepannya.

 

Updates in computer science have a very important role, especially in people's daily lives. Which changes and adds to human interaction, communication and social interaction. Ongoing technological updates relate to immersive technologies such as Virtual Reality (VR) and Augmented Reality (AR). Technological updates are taking place with the formation of the Metaverse. Metaverse is a term for technological updates created so that humans can interact with each other without having to be in the same room. Metaverse can be called a virtual space. As technology continues to develop, it will have a positive impact, especially in the service sector. The focus of this research discussion is the Agoda application service on metaverse technology which can be used for airline ticket booking or hotel reservation services. This research will use data collection through questionnaires with 24 respondents obtained. To analyze whether Agoda's services are good in managing services in the community. This research uses the COBIT 5 domain DSS (Deliver, Service and Support) framework which produces a maturity level value of 3.78 and obtains a maturity level of level 4, namely Managed And Measurable and the resulting gap level (GAB) DSS01 so improvements need to be made so that the maturity level reaches the expected level and the application system will be even better in the future.

 

Published
2024-04-29
How to Cite
[1]
A. Setiaji and Tata Sutabri, “Analisis Model Pelayanan Aplikasi Agoda Pada Metaverse Menggunakan COBIT 5”, Restikom, vol. 6, no. 1, pp. 24-31, Apr. 2024.
Section
Article