ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN MANAJEMEN LAYANAN BANTUAN HUKUM MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 PADA PENGADILAN NEGERI PAGAR ALAM

ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN MANAJEMEN LAYANAN BANTUAN HUKUM MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 PADA PENGADILAN NEGERI PAGAR ALAM

  • Egy septian Universitas Bina Darma Palembang
  • Tata Sutabri Universitas Bina Darma Palembang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kematangan manajemen layanan pendaftaran perkara berbasis teknologi informasi di sebuah instansi peradilan menggunakan framework COBIT 5. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, wawancara, dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan framework COBIT 5 untuk mengevaluasi keempat domain COBIT 5, yaitu perencanaan dan pengorganisasian, pengadaan dan implementasi, pengoperasian dan pengendalian, serta pemantauan dan evaluasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kematangan manajemen layanan pendaftaran perkara berbasis teknologi informasi diinstansi peradilan yang menjadi objek penelitian masih perlu ditingkatkan. Terdapat beberapa kendala dalam pengelolaan layanan pendaftaran perkara, seperti sistem yang belum terintegrasi dengan baik, kurangnya pengawasan terhadap proses pendaftaran perkara, dan masih terdapat proses manual yang memakan waktu. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan perbaikan pada sistem pendaftaran perkara, mengintegrasikan sistem dengan baik, dan meningkatkan pengawasan terhadap proses pendaftaran perkara dengan mengacu pada framework COBIT 5 untuk memastikan pengelolaan layanan pendaftaran perkara berbasis teknologi informasi dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Published
2024-04-30
How to Cite
[1]
E. septian and Tata Sutabri, “ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN MANAJEMEN LAYANAN BANTUAN HUKUM MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 PADA PENGADILAN NEGERI PAGAR ALAM”, Restikom, vol. 6, no. 1, pp. 137-147, Apr. 2024.
Section
Article