Analisis Tingkat Kepuasan Layanan Aplikasi PLN Mobile Menggunakan Framework ITIL V3 Pada PT PLN Indonesia

  • Meidick Dias Devasela Universitas Bina Darma
  • Tata Sutabri Universitas Bina Darma Palembang

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis manajemen pelayanan aplikasi PLN mobile yang berbasis TI dengan menggunakan framework ITIL 3. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan layanan aplikasi PLN mobile pada aplikasi PLN . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi framework ITIL 3 pada aplikasi PLN Mobile dapat meningkatkan manajemen pelayanan ITSM. Salah satu standar kerangka kerja tatakelola TI yang banyak dikenal adalah ITIL. Setelah dilakukan penelitian, didapat bahwa padavariabel Event Management didapat nilai rata-rata maturity level sebesar 4.85 dan termasuk kedalam maturity level 4 yaitu managed. Pada variabel Incident Management didapat nilai rata-rata maturity level sebesar 4.85 dan termasuk ke dalam maturity level 4 yaitu managed. Padavariabel Problem Management didapat nilai rata-rata maturity lvel sebesar 4.87 dan termasukke dalam maturity level 4 yaitu managed. Pada variabel Request Fulfillment didapat nilai rata-rata maturity level sebesar 4.86 dan termasuk ke dalam maturity level 4 yaitu managed. Danpada variabel Access Management didapat nilai rata-rata maturity level sebesar 4.87 dantermasuk ke dalam maturity level 4 yaitu managed. Maturity level 4 yaitu managed yang berarti Proses-proses yang terkait telah direncanakan dan telah dilaksanakan secara rutin dandidokumentasikan menggunakan standart dan telah dilaksanakan mengukuran kinerja proses.

Published
2024-04-30
How to Cite
[1]
Meidick Dias Devasela and Tata Sutabri, “Analisis Tingkat Kepuasan Layanan Aplikasi PLN Mobile Menggunakan Framework ITIL V3 Pada PT PLN Indonesia”, Restikom, vol. 6, no. 1, pp. 113-121, Apr. 2024.
Section
Article