Implementasi Game Edukasi Pengenalan Pahlawan Nasional Berbasis Android Untuk Siswa SMP Kelas 8 Menggunakan Algoritma Shuffle Random

  • Komang Tirte Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Yuni Arkhiansyah
Keywords: Game Edukasi, Pahlawan Nasional, Sejarah

Abstract

Implementasi game edukasi berbasis android yang bertujuan untuk memperkenalkan pahlawan nasional kepada siswa kelas 8 khususnya di Sekolah Menengah Pertama 1 Jati Agung. Dilihat dari kebiasaan siswa yang lebih menggunakan smartphone dari pada membaca buku terutama tentang sejarah pahlawan nasional. Game ini dirancang untuk pembelajaran yang interaktif dan menarik, dengan tujuan meningkatkan pemahaman siswa tentang tokoh-tokoh bersejarah yang berkontribusi dalam sejarah bangsa. Metode pengembangan game mencakup perancangan konten yang relevan dengan kurikulum, antarmuka yang ramah pengguna, dan fitur-fitur permainan yang mendukung pembelajaran yang efektif.  Hasil evaluasi menunjukkan bahwa implementasi game edukasi berbasis android ini berhasil menarik minat siswa, meningkatkan tingkat keterlibatan, dan secara positif mempengaruhi pemahaman mereka terhadap sejarah pahlawan nasional. Dengan demikian, penggunaan teknologi dalam bentuk game edukasi dapat dianggap sebagai pendekatan yang efektif dalam meningkatkan pembelajaran sejarah di kalangan siswa kelas 8.

Published
2023-12-31
How to Cite
[1]
K. Tirte and Y. Arkhiansyah, “Implementasi Game Edukasi Pengenalan Pahlawan Nasional Berbasis Android Untuk Siswa SMP Kelas 8 Menggunakan Algoritma Shuffle Random”, Restikom, vol. 5, no. 3, pp. 433 - 445, Dec. 2023.
Section
Article