IMPLEMENTASI METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) DALAM MEMBANGUN APLIKASI BOARDING HOUSE DISEKITAR KAMPUS UNIMOR BERBASIS ANDROID

  • Maria Voni Besin Universitas Timor
Keywords: Aplikasi Vonikost Android Rapid Application Development

Abstract

Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur, Ibu kota kabupaten berada di kota Kefamenanu Indonesia. Banyaknya para pendatang dari berbagai daerah untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi di kota Kefamenanu merupakan salah satu contoh bahwa masyarakat saat ini semakin sadar akan pentingnya pendidikan seiring dengan banyaknya kebutuhan tempat tinggal sementara.

Adapun kesulitan mencari tempat tinggal sementara atau rumah kost yaitu kurangnya informasi mengenai lokasi, ketersediaan kamar, fasilitas, serta biaya sewa. Disamping itu, timbul suatu masalah yaitu bagaimana melakukan pemesanan kamar kost secara cepat dan mudah. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan media komunikasi terkomputerisasi yang dapat memfasilitasi pencari kost untuk mencari informasi mengenai rumah kost secara cepat dan mudah. Maka dari itu, akan dibangun sebuah sistem informasi berbasis android untuk mengelola dan menyediakan informasi yang berguna untuk membantu menyediakan berbagai macam informasi berkaitan dengan rumah kost serta pemesanan kamar kost secara online. Tujuan penelitian ini adalah Merancang sebuah sistem informasi yang menyediakan berbagai informasi bagi pencari kos sehingga dapat melakukan pembookingan kos secara online. Membangun media dalam mengetahui sistem informasi tentang pencarian kost. Mengimplementasikan aplikasi boarding house di wilayah Kota Kefamenanu. metode Rapid application development (RAD) dalam mengembangkan perangkat lunak untuk membangun aplikasi boarding house disekitar kampus Universitas Timor Wilayah Kota Kefamenanu berbasis android. Aplikasi ini dibangun berbasis android sebagai media informasi pencarian kost di Wilayah Kota Kefamenanu yang bertujuan untuk membantu dan memudahkan pencari kost dan pemilik kost dalam melakukan transaksi pemesanan kost kapan dan dimanapun berada. Pada aplikasi vonikost dapat mengakses informasi tentang ketersediaan kamar kost, harga kost, fasilitas kost dan dalam aplikasi terdapat metode pembayaran yang dapat dilakukan secara transfer, tanpa harus mendatangi lokasi kost yang diinginkan. Hadirnya aplikasi vonikost memudahkan pemilik kost mengelola dan mempromosikan kost miliknya.

Published
2023-12-30
How to Cite
[1]
M. V. Besin, “IMPLEMENTASI METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) DALAM MEMBANGUN APLIKASI BOARDING HOUSE DISEKITAR KAMPUS UNIMOR BERBASIS ANDROID”, Restikom, vol. 5, no. 3, pp. 412 - 423, Dec. 2023.
Section
Article