Implementasi Metode Double Diamond Design pada User Interface Web Penjualan Kerudung untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna (Studi Kasus By. Tyash)

  • Felia Sri Indriyani Universitas Padjadjaran
  • Dhita Diana Dewi Universitas Nusa Putra
  • Asep Sholahuddin Universitas Padjadjaran
  • Akmal Universitas Padjadjaran
Keywords: Cognitive walkthrough, Double Diamond Design, UEQ, User Experience, User Interface

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan dalam banyak bidang tidak terkecuali dalam bidang penjualan. Bidang ini dikenal sebagai perdagangan elektronik atau e-commerce. Itu berarti penjualan melalui internet khususnya melalui media penjualan website sudah tidak asing. Hal ini yang mendasari By.Tyash untuk membuat website penjualan kerudung dengan mempertimbangkan user interface yang baik sehingga menghasilkan user experience yang baik pula.

Metode yang digunakan adalah double diamond design. Model proses double diamond design dikembangkan melalui penelitian di Design Council sebagai cara grafis sederhana untuk mendeskripsikan proses desain. Proses dibagi kedalam empat fase berbeda yaitu discover, define, develop, dan deliver. Metode ini melakukan proses eksplorasi masalah secara lebih luas dan dalam sehingga desain tampilan yang dihasilkan dapat memenuhi kebutuhan pengguna serta dapat bersaing dengan kompetitor.

Hasil dari cognitive walkthrough menunjukkan 20 dari 30 pengguna berhasil melaksanakan semua skenario. Hasil UEQ “Benchmark” adalah excellent untuk daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, dan stimulasi, serta good untuk kebaruan. Berdasarkan hasil tersebut user interface dan user experience website By.Tyash mudah digunakan dan dapat bersaing dengan kompetitor.

Published
2023-08-18
How to Cite
[1]
Felia Sri Indriyani, Dhita Diana Dewi, Asep Sholahuddin, and Akmal, “Implementasi Metode Double Diamond Design pada User Interface Web Penjualan Kerudung untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna (Studi Kasus By. Tyash) ”, Restikom, vol. 5, no. 2, pp. 158 - 168, Aug. 2023.
Section
Article