RANCANG BANGUN APLIKASI PENGOLAHAN TAGIHAN REKENING TANGKI AIR BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PADA PDAM TIRTA PRABUJAYA KOTA PRABUMULIH)

  • MUTIARANI GINTING UNIVERSITAS PRABUMULIH
  • Nur Aini H UNIVERSITAS PRABUMULIH
  • Hepnyi Samosir UNIVERSITAS PRABUMULIH
Keywords: Aplikasi, Tagihan Rekening Tangki Air, PDAM Tirta Prabujaya

Abstract

PDAM Tirta Prabujaya Kota Prabumulih adalah salah satu Perusahan Umum Daerah  di bawah naungan Pemerintahan Kota Prabumulih beralamat di Jalan Sungai Medang No.01 Kel. Prabujaya Kec. Prabumulih Timur. PDAM Tirta Prabujaya dalam pengolahan tagihan dan penyaluran air kepada pelanggan, masih mengalami kesulitan karena masih menggunakan sistem pencatatan manual yang sering terjadi kesalahan input data dan menyebabkan data tidak efesien dan tepat. Untuk itu penulis membangun suatu aplikasi tagihan rekening tangki air basis web untuk mempermudahkan proses pengolahan tagihan. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, serta perancangan berpedoman pada rekayasa dalam perangkat lunak yang menggunakan metode pengembangan prototype dan alat bantu perancangan yaitu UML. Aplikasi ini dibangun menggunakan bahasa  pemrograman PHP myadmin dan database MySQL. Tujuan dari peneliti ini adalah dapat memberikan kemudahan pihak PDAM Tirta Prabujaya Kota Prabumulih dalam proses pengolahan tagihan rekening tangki air dengan mudah, cepat serta mengurangin timbul kesalahan dalam pengolahan tagihan rekening tangki air.

 

 

 

Published
2023-08-29
How to Cite
[1]
M. GINTING, N. A. H, and H. Samosir, “RANCANG BANGUN APLIKASI PENGOLAHAN TAGIHAN REKENING TANGKI AIR BERBASIS WEB (STUDI KASUS: PADA PDAM TIRTA PRABUJAYA KOTA PRABUMULIH) ”, Restikom, vol. 5, no. 2, pp. 243 - 251, Aug. 2023.
Section
Article