Implementasi Augmented Reality Pada Profile Provinsi Di Pulau Sumatera Untuk Siswa SDN 2 Kutadalom Berbasis Android

  • Luqmanul Hakim Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya
  • Triowali Rosandy Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
  • Hariyanto Wibowo Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Keywords: Augmented Reality, Marker Based Tracking, Belajar, Siswa

Abstract

Implementasi teknologi augmented reality sebagai media pembelajaran untuk pengenalan profile Provinsi yang ada dipulau Sumatera dengan menggunakan metode marker based tracking guna menunjang pembelajaran siswa dalam memahami materi yang diberikan oleh guru yang sebatas menggunakan buku seperti di Sekolah Dasar Negeri 2 Kutadalom sehingga pemanfaatan teknologi ini dapat bermanfaat bagi guru dalam memberikan materi kepada siswa dan siswinya. Materi yang disajikan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar, karna teknologi ini memanfaatkan elemen visual seperti 3D objek, gambar dan teks untuk menyajikan materi pembelajaran dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami.

Output yang dihasilkan yaitu aplikasi augmented reality yang menggunakan metode marker based tracking yang dapat memunculkan objek 3D logo dengan informasi yang terkait dengan profile provinsi dan audio yang berisikan sejarah provinsi. 

Published
2023-08-26
How to Cite
[1]
L. Hakim, Triowali Rosandy, and Hariyanto Wibowo, “Implementasi Augmented Reality Pada Profile Provinsi Di Pulau Sumatera Untuk Siswa SDN 2 Kutadalom Berbasis Android ”, Restikom, vol. 5, no. 2, pp. 209 - 221, Aug. 2023.
Section
Article