Penggunaan Teknologi 5G Untuk Mendukung Manajemen Pelayanan Pelangan Telkomsel Menggunakan ITIL V3 Pada Telkomsel Palembang

  • Dimi Krismayanti Universitas Bina Darma
  • Resky Klarasati Universitas Bina Darma
  • Tata Sutabri Universitas Bina Darma

Abstract

Manajemen pelayanan pelanggan adalah proses yang melibatkan perencanaan, pengoperasian, dan pengendalian pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Hal ini mencakup semua aspek yang terkait dengan pemberian layanan yang memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Untuk mencapai tujuan ini, Telkomsel dapat mengadopsi pendekatan yang didasarkan pada ITIL V3 (Information Technology Infrastructure Library).

ITIL V3 adalah suatu kerangka kerja terstruktur yang dirancang untuk memperbaiki pengelolaan layanan TI. Itu terdiri dari seperangkat praktik dan proses terbaik yang dapat diterapkan dalam lingkungan TI untuk meningkatkan pengiriman layanan dan kepuasan pelanggan. Beberapa proses utama dalam ITIL V3 yang relevan untuk manajemen pelayanan pelanggan Telkomsel menggunakan teknologi 5G adalah yang pertama Strategi Layanan (Service Strategy), kedua Desain Layanan (Service Design), ketiga Transisi Layanan (Service Transition), keempat Operasi Layanan (Service Operation), dan yang ke lima Peningkatan Layanan (Continual Service Improvement).

Dari pernyataan di atas, diperlukan pengukuran penggunaan teknologi 5G untuk mendukung manajemen pelayanan pelangan telkomsel menggunakan ITIL V3 Pada Telkomsel Palembang, untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan data kuantitatif dengan didukung domain ITIL V3 guna mendapatkan nilai maturity level, tahapan pengumpulan data peneliti melakukan penyebaran kuesioner secara virtual yang kuisioner telah dibuat menggunakan google form, sehingga dari pengolahan data ini dapat di analisis tingkat keberhasilan atau kemajuan Teknologi Informasi serta mengukur tingkat efektif dan efesien pada Telkomsel Palembang, maka dimasa mendatang akan menjadi rekomendasi serta dapat di evaluasi oleh penelitian selanjutnya agar mendapatkan perkembangan teknologi informasi yang mendukung manajemen pelayanan yang lebih baik.

Published
2023-05-23
How to Cite
[1]
Dimi Krismayanti, Resky Klarasati, and Tata Sutabri, “Penggunaan Teknologi 5G Untuk Mendukung Manajemen Pelayanan Pelangan Telkomsel Menggunakan ITIL V3 Pada Telkomsel Palembang”, Restikom, vol. 5, no. 1, pp. 55-63, May 2023.
Section
Article